Ketahuilah, Dengan Buku Bisa Meningkatkan Potensi

share on facebook

Membaca buku akan membukakan pintu otak dan akan memandunya kearah kepandaian dan kebijaksanaan. Membaca buku akan memberikan bekal hikmah, akan membuat lisan tidak kelu, meningkatkan kemampuan berpikir, menghantarkan ke wilayah hakekat dan akan menghilangkan yang syubuhat (keraguan). Membaca buku adalah hiburan bagi orang yang senang mengobrol, kenikmatan bagi orang yang merenung dan pelita bagi yang berjalan di tengah malam.


Semakin pengetahuan itu diulang, dikuasai dan disaring, maka semakin pengetahuan itu berbuah, meranum dan tiba saatnya untuk dipetik. Namun demikian pengetahuan itu tetap pada dahannya dan akan memberikan buahnya setiap waktu dengan izin Rabb-nya. Meski para penulis telah mati, namun berita tentang mereka tetap menempatkan mereka di kedudukannya.


Keengganan untuk belajar adalah penjara bagi lisan, kungkungan terhadap nilai pribadi, kebekuan untuk hati, kerusakan bagi otak, kematian bagi kepribadian, kelesuan di tengah perjalanan meraih pengetahuan, dan kekeringan bagi pikiran. Mengapa demikian? Karena buku selalu mengandung faedah, tamsil, kebijaksanaan, cerita dan hikayat yang sangat unik.


Faedah membaca memang sangat banyak dan tidak mungkin dikalkulasi.Karenanya, kita berlindung kepada Allah agar keinginan di dalam hati ini tidak mati, tekad di dalam jiwa ini tidak melemah dan semangat yang ada di dalam dada tidak meredup, sebab itulah musibah dalam arti yang sebenarnya.

3 comments:

  1. Memang benar sekali buku itu bisa meningkatkan potensi.

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  3. dengan membaca banyak sekali manfaat yang kita dapat

    ReplyDelete